Penting Untuk Bisnis, Ini Contoh Testimoni yang Baik

contoh testimoni yang baik

Manfaatkan keberadaan testimoni bisnis kamu untuk menarik lebih banyak konsumen dan meningkatkan profit. Seperti apa contoh testimoni yang baik itu?

Iklan yang menarik serta teknik marketing yang baik pasti akan mendongkrak penjualan usaha. Selain dua hal tersebut, pengakuan langsung dari pengguna juga tidak kalah penting.

Penuturan yang jujur dari orang yang sudah menggunakan produk kamu tentu bisa menarik minat dari khalayak. Dengan begitu, bisa dikatakan bahwa ulasan pelanggan membantu perusahaan meningkatkan penjualan dan meraih keuntungan yang diharapkan.

Lantas, seperti apa contoh testimoni yang baik itu? Simak pembahasan mengenai pengertian, manfaat, serta cara membuat testimoni pelanggan berikut.

Read more: Memahami Ragam Jenis Usaha Berdasarkan Skala Usaha

Apa yang Dimaksud Dengan Testimoni?

Pertama-tama, mari kita ulas dahulu pengertian testimoni. Menurut informasi dari laman Majoo, testimoni adalah sebuah wujud penuturan dari konsumen mengenai produk atau layanan yang sudah mereka gunakan. 

Pengakuan ini bersifat jujur terkait dengan kepuasan mereka terhadap produk atau layanan tersebut. Meskipun demikian, testimoni hendaknya tidak terkesan memberi penilaian buruk atau dipengaruhi kepentingan pribadi.

Sejak dulu, kesaksian konsumen dijadikan bahan penilaian dan evaluasi oleh para pebisnis. Kini, saat aktivitas jual beli banyak beralih ke cara online, penilaian tersebut masih menjadi bagian penting dalam kelangsungan usaha. 

Saat akan berbelanja di marketplace, kamu bisa dengan mudah menemukan testimoni dari pembeli. Bentuk penilaian dapat berupa rating bintang atau skor disertai dengan penuturan yang detail. Cara ini tentu akan sangat mempengaruhi keputusan calon pembeli. Karena itu, pebisnis harus memperhatikan kepuasan konsumen karena akan tergambar dalam testimoni yang didapatkan perusahaan.

Testimoni positif tentu akan menjadi daya tarik bagi para calon pembeli. Target profit yang diharapkan pun akan semakin mudah dicapai.

Apa Manfaat Testimoni untuk Bisnis?

Testimoni dianggap sebagai salah satu unsur penting dalam sebuah usaha. Apa yang membuatnya begitu? Ternyata kesaksian pelanggan memang membawa berbagai manfaat untuk bisnis. Apa saja manfaat itu? Berikut penjelasannya yang dirangkum dari berbagai sumber.

  1. Memberi informasi yang dibutuhkan 

Testimoni yang baik berfungsi sebagai sarana informasi mengenai wawasan produk. Orang yang tertarik pada produk kita akan menggunakan penuturan dari konsumen untuk mendapatkan keterangan mengenai kualitas barang, termasuk kekurangan dan keunggulannya.

Calon pembeli akan terbantu untuk memutuskan apakah barang atau jasa sesuai dengan kebutuhannya atau tidak.

  1. Menarik perhatian calon pelanggan

Seperti dijelaskan pada uraian sebelumnya, testimoni bisa dijadikan alat untuk menarik perhatian pelanggan baru. Sebelum memilih barang yang akan dibeli, calon konsumen biasanya akan mencari tahu kualitas produk melalui testimoni.

Karena itu, penting bagi seorang pebisnis untuk menjaga kualitas produknya agar tingkat kepuasan konsumen selalu tinggi sehingga produk sering mendapat testimoni positif. Peluang terjadinya pembelian pun akan semakin besar.

  1. Menumbuhkan rasa percaya terhadap produk yang ditawarkan

Calon konsumen seringkali mempertimbangkan banyak hal sebelum membeli barang. Selain masih minim informasi mengenai produk, rasa ragu kerap menghalangi seseorang untuk melakukan transaksi. 

Penuturan positif dari pelanggan ternyata bisa mempengaruhi pikiran orang lain untuk turut membeli produk kita. Keraguan akan berkurang dan rasa percaya akan muncul berkat testimoni yang baik dari pembeli sebelumnya.

Pebisnis hendaknya bisa melihat pola ini untuk terus menjaga kualitas barang dan tingkat kepuasan konsumen. Dengan begitu, kesempatan menambah pelanggan baru akan terbuka bahkan membuat mereka menjadi loyal.

  1. Media promosi gratis

Penuturan jujur yang bernada positif juga berguna sebagai sarana promosi gratis. Pembeli yang merasa puas dengan produk akan secara cuma-cuma menceritakan pengalamannya pada kerabat terdekat.

Informasi produk pun akan tersebar dari mulut ke mulut tanpa harus susah payah mengeluarkan biaya untuk promosi. Cara ini cukup efektif untuk menambah potensi pelanggan baru hingga akhirnya dapat meningkatkan penjualan.

  1. Sebagai bahan evaluasi

Pendapat jujur dari pelanggan mengenai produk kamu bisa dijadikan sebagai bahan evaluasi. Bila ada penuturan yang berisi keluhan dan masukan, gunakan untuk evaluasi kualitas barang dan lakukan perbaikan di waktu mendatang.

Sebaliknya, jika kamu mendapatkan testimoni positif, artinya kualitas barang harus dipertahankan.

  1. Sebagai media untuk mengapresiasi pelanggan

Manfaat selanjutnya dari testimoni yaitu sebagai media untuk menghargai pelanggan. Dengan menyediakan kolom atau bagian khusus untuk menyampaikan testimoni, kamu sudah menghargai pendapat pelanggan. Selanjutnya, kamu bisa memberi respon terhadap masukan yang mereka berikan.

Selain sebagai bentuk apresiasi terhadap keberadaan konsumen, cara tersebut juga akan membuat hubungan kamu dengan mereka menjadi baik. Kesan yang didapat akan semakin bagus dan akhirnya akan menjaga kredibilitas bisnis.

Contoh Testimoni yang Baik 

Seperti apa testimoni yang banyak disampaikan oleh pelanggan? Berikut beberapa contoh testimoni yang baik sehingga bisa dijadikan referensi oleh orang lain.

  • Contoh 1

Seorang wanita baru saja membeli satu set pakaian olahraga. Dia merasa puas dengan pembelian tersebut. Kemudian ia mengisi penilaian di bagian testimoni konsumen.

“Barang sangat memuaskan. Bahan berkualitas baik, cepat menyerap keringat dan terasa ringan. Nyaman dipakai untuk olahraga. Harga agak tinggi tapi sesuai dengan kualitas.”

  • Contoh 2

Ardi membeli sepasang sepatu di marketplace. Setelah barang diterima, Ardi membuat ulasan barang tersebut di bagian testimoni.

“Kualitas barang bagus, sesuai dengan gambar. Warna, bahan, dan bentuk semua bagus. Ringan dan lentur dipakai, cocok untuk acara santai dan semi formal.”

  • Contoh 3

Contoh testimoni berikutnya adalah penuturan seorang customer setelah membeli baterai ponsel.

“Produk dan pelayanan memuaskan. Penjual sangat ramah, selalu menjawab pertanyaan saya tentang produk. Baterai sudah dicoba dan berfungsi dengan baik. Kemasan aman.”

  • Contoh 4

Testimoni selanjutnya adalah ulasan seorang pelanggan setelah makan di sebuah restoran. Bunyi penuturannya adalah sebagai berikut:

Rasa makanan enak. Pelayanan ramah hanya saja sedikit lambat.”

  • Contoh 5

Terakhir, ulasan seorang pelanggan setelah membeli satu set peralatan makan keramik. Setelah barang diterima, ia membuat testimoni sebagai berikut:

Respon penjual baik. Barang sampai dengan selamat. Kemasan kurang aman, rentan pecah. Mohon diperbaiki.”

Dari beberapa contoh tersebut, kita bisa memperkirakan kualitas produk berdasarkan penjelasan yang ada pada kesaksian. Bahan, bentuk, kenyamanan, hingga kemasan dijelaskan oleh pelanggan.

Informasi tersebut tentu akan membantu orang lain dalam memutuskan barang mana yang akan dibeli.

Bagi pengusaha, masukan dalam testimoni bisa dijadikan bahan untuk meningkatkan kualitas produk dan pelayanan. Respon testimoni yang berisi masukan dan kritik dengan baik dan jadikan motivasi untuk perbaikan.

Cara Mendapatkan Testimoni 

Sekarang, bagaimana agar bisnis kita mendapat testimoni yang dibutuhkan? Berikut uraian mengenai cara mendapatkannya agar bisa kita manfaatkan untuk meningkatkan performa bisnis.

  1. Intens berkomunikasi dengan konsumen

Hal penting yang harus kita lakukan adalah dengan menjalin komunikasi secara intens dengan konsumen. Beberapa caranya adalah dengan menyapa mereka melalui pesan pribadi atau email. 

Selain itu, kita juga bisa menjawab pertanyaan atau masukan yang mereka kirim. Hubungan yang erat tidak hanya akan mendatangkan testimoni produk yang positif namun juga kesan pelayanan yang baik.

  1. Minta masukan secara langsung

Cara selanjutnya adalah dengan bertanya langsung pada pelanggan setelah mereka melakukan pembelian. Tanyakan juga hal apa yang harus ditingkatkan atau diperbaiki. kamu bisa meminta persetujuan mereka untuk mengambil foto atau merekam video testimoni.

  1. Aktif di media sosial

Saat ini, banyak orang menghabiskan waktu di media sosial, termasuk untuk keperluan berbelanja. Gunakan beberapa platform populer untuk mengunggah testimoni pembeli atau sekedar menyapa follower.

Langkah ini efektif untuk memperluas jaringan bisnis dan merancang langkah usaha selanjutnya.

Pengakuan dari konsumen memang menjadi bagian penting dalam kelangsungan sebuah bisnis. Agar bisa berfungsi optimal, ketahui contoh testimoni yang baik dan lakukan cara-cara untuk mendapatkannya. Perhatikan jugaa kualitas produk kamu supaya kepuasan pelanggan terjaga dan testimoni banyak berisi ulasan positif. Agar usaha berjalan lancar, kamu bisa gabung di Juragan DOKU.  Juragan DOKU merupakan sahabat berjualan persembahan DOKU yang bisa mendukung seluruh aktivitas jualan kamu. 

Jika bergabung, kamu dapat menikmati fitur seperti Payment Link yang bisa perbanyak transaksi sukses melalui WhatsAppe-Katalog yang bisa buat toko online secara mandiri, Instant Checkout untuk transaksi di Instagram atau Facebook bisnis Anda jadi otomatis, hingga QRIS yang bisa terima pembayaran dengan satu kode QR. Serta yang gak boleh dilewatkan, pelatihan online bisnis gratis yang nantinya akan dibimbing oleh para mentor bisnis yang andal!

Cara bergabungnya pun mudah. Kamu bisa registrasi melalui aplikasinya dan mengunduh Aplikasi Juragan DOKU melalui smartphone di sini atau kamu juga bisa mendaftar melalui website di sini. 

Terima pembayaran lancar, Usaha makin gencar, Gabung jadi Juragan DOKU, Sekarang!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *